Main Menu

Mencari Borobudur





Tanggal 30-31 Juli lalu saya berkunjung ke Bukit Punthuk Setumbu, atau sering disingkat Tuk Setumbu, terletak sekitar 4 km arah barat Candi Borobudur, tepatnya di  Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang. Tuk Setumbu ini merupakan salah satu tempat favorit untuk menyaksikan kemegahan Candi Borobudur di kala pagi sekaligus menunggu terbitnya matahari dari balik Gunung Merapi. Tuk Setumbu juga tempat favorit untuk mengambil gambar dengan lanskap Borobudur berlatar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Berawal dari ajakan Hafidz, yang sekarang bekerja untuk National Geographic Indonesia.  Kebetulan ia sedang berada di Solo untuk menyelesaikan penugasan. Karena belum pernah mengunjungi tempat tersebut, saya langsung mengiyakan ajakannya, walaupun saat itu kondisi badan sangat lelah.

Berangkat dari Solo jam 11 Hari Sabtu (30/7) malam, perjalanan memang tidak langsung menuju Tuk Setumbu, baru menjelang subuh kami tiba di desa terakhir mendekati bukit tersebut. Sayapun yang masih tidur dibangunkan oleh yang lain. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak kira-kira 10 menit. Akhirnya tiba di Bukit Tuk Setumbu. Belum banyak pengunjung yang sudah sampai atas, baru sekitar sepuluh orang termasuk kami. Dengan kamera yang berdiri di atas tripot, saya langsung mengambil gambar. Mendekati munculnya matahari, sejumlah wisatawan, yang kebanyakan mancanegara mulai berdatangan dengan seorang pemandu.

Pemandangan yang menakjubkan telah menyambut. Saya terkagum dengan hamparan lembah dengan tumbuhan lebat diselimuti oleh kabut putih. Candi Borobudur terlihat megah didampingi Gunung Merapi dan Merbabu di belakangnya. Semakin siang, warna kuning dan biru yang semula menghiasi langit mulai hilang karena cahaya matahari. Sebelum pulang, kamipun menyempatkan mengabadikan momen langka ini. Akhirnya kami kembali, dan sayapun berjanji, suatu saat pasti kembali lagi. 






Tidak ada komentar:

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.